12/11/2012

Resensi Novel Danur



Persahabatan Antar Dimensi


Judul Buku: Danur
Pengarang: Risa Saraswati
Penerbit: bukunè
Tahun Terbit: 2011
Tebal: 216 halaman, 13x19 cm
Harga: Rp 30.000,00

Sejak kecil, Risa sudah sering bertingkah aneh. Sering berbicara sendiri atau berbicara dengan sebuah tembok seperti sedang berbicara pada manusia. Dalam novel ini, Risa menceritakan beberapa pengalamannya dengan berbagai makhluk kasat mata yang biasa disebut hantu. Berbeda dengan novel-novel horror lainnya yang lebih mengutamakan hal-hal yang  menyeramkan, Danur lebih memperlihatkan hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil di balik cerita menyeramkan tersebut.

Sekilas Risa terlihat seperti anak perempuan pada umunya. Namun, Risa memiliki kemampuan yang tidak biasa, yaitu bisa melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Lima hantu kecil Belanda, yaitu Peter, Hans, Hendrick, William dan Janshen adalah sahabat Risa. Suatu hari, kelima sahabat Risa meminta Risa untuk bersama mereka selamanya dengan cara bunuh diri. Risa telah beberapa kali mencoba untuk bunuh diri, tapi gagal. Setelah percobaan bunuh diri Risa, kelima sahabatnya menghilang begitu saja.

Seiring dengan berjalannya waktu, Risa telah tumbuh dewasa. Dalam proses menuju kedewasaannya ini, Risa bertemu dengan berbagai macam hantu yang meminta tolong padanya. Juga tak sedikit hantu-hantu menyeramkan yang mengganggunya. Risa sempat menyesal memiliki kemampuan untuk melihat hantu-hantu yang menyeramkan. Pertemuannya dengan hantu seorang gadis yang meninggal dalam kebakaran membuat Risa sadar kalau dirinya bisa membantu hantu-hantu tersebut meskipun hanya dengan mendengarkan cerita mereka. Lalu, Risa menganggap kalau kemampuannya ini adalah sebuah anugerah.

Kecintaannya pada musik membawa Risa pada sebuah studio rekaman untuk merekam lagu-lagu ciptannya. Lagu yang diciptakannya terinspirasi dari pengalaman hidupnya. Sudah belasan tahun berlalu, namun Risa masih merindukan kelima sahabat kecilnya. Lima hantu Belanda yang sampai sekarang masih tidak muncul di hadapannya. Saat Risa merekam lagunya yang berjudul The Story of Peter, tanpa diduga kelima sahabatnya kembali muncul di hadapannya. Risa melepas rindu dengan kelima sahabatnya.

Danur berisi cerita-cerita pendek pengalaman Risa dengan hantu-hantu yang pernah dtemuinya. beberapa bab berisi pengalaman Risa melihat hantu, beberapa berbentuk sebuah surat yang ditulis oleh tokoh hantunya kepada orang lain, beberapa ditulis dari sudut pandang Risa tentang hantu-hantu itu, dan sebagian besar ditulis dari sudut pandang hantu-hantu itu sendiri. Risa seolah merasakan sendiri perasaan dan masalah yang dialami oleh hantu-hantu tersebut. Risa mendeskripsikan emosi yang terkandung dalam cerita dengan sangat baik sehingga membuat pembaca ikut larut dalam cerita. Dibalik tokoh-tokohnya yang menyeramkan, cerita-cerita tersebut memberikan pelajaran dalam berbagai hal. Diantaranya adalah tentang persahabatan, cinta, kasih sayang, bahkan penyesalan. Cerita-cerita ini membuat kita lebih menghargai hidup. Gaya baha yang digunakan pun cukup mudah dimengerti. Cover yang digunakan pun menarik, yaitu dua cover dengan cover pertamanya sengaja dilubangi. Namun jenis cover seperti ini rentan robek.

Novel ini cocok dibaca oleh remaja. Tidak hanya menarik, novel ini juga memberikan pengalaman berharga.






-ditulis untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia (Oktober 2012)

No comments:

Post a Comment